Saturday, July 17, 2010

Zoning yang Tepat

MENATA ORGANISASI
RUANG UNTUK RUMAH TINGGAL
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Pembuatan sebuah rumah tinggal dimulai dari proses desain dan dalam proses desain sangat memerlukan  perencanaan dalam penataan ruang atau disebut juga zoning secara tepat. Penataan ruang yang tepat akan mempermudah alur sirkulasi antar ruang sehingga antar ruang terhubung dengan baik.

Sebuah rumah tinggal secara umum terdiri dari carport, teras depan atau belakang, ruang tamu, ruang keluarga,  ruang makan, kamar tidur utama, kamar tidur anak dan dapur. Peletakkan ruang dibagi atas zoning public, semi public, private dan semi private.

Zoning public adalah ruang yang selain anggota keluraga dapat dengan mudah memasukinya yaitu ruang tamu dan teras. Untuk zoning semi public adalah ruang yang hanya orang tertentu saja yang bisa memasukinya yaitu dapur, ruang keluarga dan ruang makan.  Untuk zoning private adalah ruang yang sangat pribadi hanya anggota keluarga tertentu saja yang menempatinya yaitu kamar tidur dan zoning semi private contohnya adalah ruang perpustakaan atau ruang baca.

Setelah kita mengetahui organisasi ruang maka tempatkanlah ruang-ruang sesuai dengan zoning yang telah ditentukan. Untuk daerah public dapat ditempatkan pada area depan agar selain anggota keluarga (tamu) dapat dengan mudah memasuki ruang tersebut dan untuk private tempatkanlah pada bagian belakang atau bila rumah tingkat ditempatkan di lantai atas.


3 comments:

  1. apa itu ruang public?? boelh terang kan dgn lebih detail???

    ReplyDelete
  2. Area Publik adalah ruang yang di dalam kegiatannya bukan bersifat pribadi (private) contoh ruang tamu. Di ruang tamu kita dapat menenrima tamu atau anggota keluarga, beda dengan area private contoh kamar tidur tidak semua orang dapat masuk ke ruang tidur katifitas di dalamnya yang pribadi.

    ReplyDelete
  3. Pembagian zoning dalam desain rumah hunian yang dimaksud zoning publik adalah?

    ReplyDelete

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...